Jan 11, 2015

Dragon Nest (Saint Haven's Defense)


DN INA baru saja mengimplementasikan patch Saint Haven's Defense 8 Januari lalu. Saint Haven's Defense adalah dungeon event baru yang hanya bisa diakses selama event dan pada hari dan jam-jam tertentu saja. Disini saya akan memberikan berbagai informasi seputar Saint Haven's Defense ini.

Information :

- Level minimal untuk mengikuti event ini adalah 40.
- Setiap room memiliki kapasitas maksimal 16 player.
- Permainan baru bisa dimulai jika sudah terdapat minimal 4 player dalam room tersebut.
- Anda bisa masuk ke dalam Saint Haven's Defense melalui portal Barat, Timur, atau Selatan Saint Haven.
- Setelah anda masuk, anda akan berada di dalam sebuah party acak, yang berarti anda tidak bisa menentukan siapa yang akan seruangan dengan anda.
- Ketika anda masuk anda tidak akan selalu berada di dalam ruangan baru. Jika anda kurang beruntung, anda bisa saja memasuki ruangan dengan salah seorang anggota partynya mengalami disconnect yang mungkin HP Basilisknya sudah berkurang.
- Karakter yang tanpa sengaja keluarsetelah Basilisk muncul karena dungeon clear atau disconnect, harus menunggu 15 menit untuk dapat masuk kembali. Yang berarti jika anda disconnect anda tidak bisa otomatis kembali ke party anda sebelumnya.
- Di dalam Saint Haven's Defense status karakter semua player akan dinerf seperti status PVP Setara : ON.
- Saint Haven's Defense tidak dihitung seperti Dungeon biasa yang berarti tidak membutuhkan FTG untuk masuk ke dalam.
- Ketika masuk ke dalam Saint Haven's Defense semua cooldown skill akan direset, dan ressurect tidak akan mereset cooldown skill anda.
- Ketika anda di dalam Saint Haven's Defense, anda tidak dapat menggunakan Pet.
- AFK terlalu lama atau berada dalam ghost mode terlalu lama akan membuat anda dikembalikan secara paksa ke kota.
- Jika anda mati anda bisa melakukan ressurection setelah cooldown habis atau jika salah seorang teman anda melakukan ressurection kepada anda.
- Ressurect diri sendiri atau Ressurect kepada orang lain di dalam Saint's Haven Defense tidak  akan mengurangi satupun Ressurection Stone anda.



Schedule :

Event berlangsung mulai dari Kamis 8 Januari 2015 sampai Kamis 5 Februari.2015.
Event hanya dibuka pada hari selasa, kamis, sabtu, dan minggu.
Saint Haven's Defense bisa dimasuki dengan durasi 2 jam di setiap sesi.

Jam Buka :
Selasa 19:00 ~ 21:00
Kamis 19:00 ~ 21:00
Sabtu 13:00 ~ 15:00
Sabtu 19:00 ~ 21:00
Minggu 13:00 ~ 15:00
Minggu 19:00 ~ 21:00



Stage Explaination :

Objective : Anda bersama player lain harus mengalahkan Shock Basilisk yang berusaha menyerang kota Saint Haven.

Anda bisa mengalahkan Capturer Bound yang terdapat di pinggir arena untuk mendapatkan food untuk menambah HP atau MP.

Basilisk memiliki HP sebanyak 4 Bar.

Basilisk Skills :

- Vanishing (x4) :

Mirip seperti Vanish milik Apocalypse, Basilisk akan menginjak-injak tanah mengeluarkan debu dan api lalu akan muncul tanda merah di tanah dan kemudian meledak. Jika anda terkena, anda akan terpental ke atas dan menerima damage yang cukup besar.
[Anda cukup menghindari tanda tersebut sebelum meledak atau melakukan Tumble]


- Chin Attack (x4) :

Akan muncul pasir di dagu Basilisk, kemudian dia menghantamkan dagunya ke tanah didepannya sebanyak 3 kali.
[Segera berpindah kesamping atau menjauh dari kepala]


Side Stomp (x4) :

Basilisk akan mengangkat semua sebelah kakinya untuk melakukan Side Stomp. setelah menghantam tanah, tanah yang terinjak kemudian meledak.
[Ketika melihat Basilisk mengangkat sebelah kakinya segera menjauh dari Basilisk, atau berdiri diantara sela-sela kaki, atau lakukan Tumble seiring dengan Side Stomp]


Charging (x4) :

Mirip dengan Charge milik Guardian Fel, Baslisk akan terdiam kemudian berlari ke arah depan sambil melandaskan kepalanya ke tanah. Ketika anda tertabrak anda akan terseret dan menerima serangan tergantung berapa kali anda tertabrak.
[Jangan berdiri tepat di depan Basilisk ketika dia bersiap-siap, segera keluar dari jalur Charging]


- Earth Breath (x4) :


Mirip dengan Desert Dragon Breath, Basilisk akan mengeluarkan pasir dari mulutnya kemudian melakukan Howling ke arah depan, jika anda berada di sudut mati dan terlalu dekat dengan mulut Basilisk, dapat dipastikan anda akan mati.
[Ketika pasir mulai muncul di sekitar mulut, segera berpindah ke samping tubuh Basilisk]

Spinning (x4) :

Basilisk akan berputar dan menghempaskan semua player ke pinggir arena. Tidak memiliki damage yang fatal, tetapi dapat meremove semua buff anda. Beberapa summon akan hilang ketika terkena skill ini.
[Cukup biarkan anda terpental, dan lakukan Aerial Evasion pada hit terakhir]


Digging (x4) :

Basilisk menggunakan kepalanya untuk menggali tanah didepannya, kemudian masuk ke dalam tanah. Player yang terlalu dekat akan terkena damage dari Basilisk.
[Biarkan Basilisk masuk ke dalam tanah, dan jangan terlalu dekat.]


Tail Swipe (x4) :

Basilisk menggerakan kepalanya bersamaan dengan ekornya, kemudian bersamaan dengan gerakan kepala, Basilisk mengibaskan ekornya yang membuat semua player yang berada di ekor terpental. (Basilisk jarang sekali terlihat menggunakan skill ini sehingga saya pun susah untuk mendapatkan gambar yang jelas).
[Ketika melihat ekor Basilisk bergerak ke samping, segera lakukan Tumble ke belakang atau ke samping Basilisk]


Rising (x3) :

Setelah Basilisk melakukan Digging, beberapa saat kemudian akan ada pasir yang keluar dari dalam tanah, kemudian Basilisk akan keluar, menjatuhkan tubuhnya ke tanah dan memberikan damage ke player yang tertindih.
[Jangan terlalu dekat dengan area tersebut, dan jaga jarak sampai Basilisk kembali berdiri]

Ground Shake (x3) :

Setiap HP Bar Basilisk berganti, Basilisk akan melakukan Digging kemudian akan muncul notice untuk naik ke atas Basilisk. Setelah keluar, Basilisk akan menghempaskan semua player ke pinggir arena. Setelah itu akan terjadi ledakan di seluruh arena. Skill ini menghilangkan semua summon yang ada.
[Setelah anda terpental dan Basilisk berhenti bergerak, segera naik ke atas salah satu bagian tubuh Basilisk, baik Kepala, Tangan / Kaki, Ekor, atau Perut]


Rolling (x3) :


Basilisk akan berbaring di tanah sebelum kemudian menggelinding ke samping. Setelah menggelinding ke satu arah, ia akan menggelinding kembali ke tempat semula. Semua summon yang terlindas akan langsung musnah.
[Untuk menghindari ini, cukup berdiri di depan kepala atau ekor Basilisk]

- Stomp (x3) :

Bagian sekitar kepala Basilisk akan menyala berwarna kuning terang, kemudian dia mengangkat bagian depan tubuhnya lalu melakukan Stomp dengan area ledakan yang luas.
[Bersiap-siap untuk melompat ketika Basilisk mengeluarkan cahaya kuning sangat terang dari kepalanya]

- Rising EX / Earth Bind (x2) :

Memasuki bar x2, setelah melakukan Rising, ketika jatuh Basilisk akan mengeluarkan area Bind. Anda harus menekan tombol A dan D terus menerus untuk melepaskan ikatan. Setelah melakukan Bind, Basilisk akan berputar-putar kemudian berhenti dan melakukan Charging.
[Segera melepaskan diri dari ikatan lalu menjauh dari depan Basilisk]

- Body Slam (x1) :

Posisi Basilisk akan menjadi terbalik dengan kepala di bawah dan akan muncul notice di tengah layar yang menyuruh anda berpindah ke bagian belakang Basilisk. Jangan berdiri di depan Basilisk persis karena dapat menyebabkan one hit kill.
[Segera mengambil posisi menghadap punggung Basilisk untuk menghindari damage]

- Rotating Earth Breath (x1) :

Basilisk bersiap mengambil ancang-ancang untuk Earth Breath tetapi dengan durasi sedikit lebih lama. Kemudian Basilisk menyemburkan Earth Breath sambil berputar ke arah kiri atau ke kanan. Ketika Basilisk men-cast skill ini, ia akan mendapatkan bonus defense / magic defense yang membuat ia menjadi keras untuk diserang.
[Berdiri di samping Basilisk, ikut berputar searah dengan Basilisk, tunggu agak lama atau sampai Basilisk selesai berputar baru mulai menyerang]



Quest :

Anda bisa mengambil quest Saint Haven's Defense melalui Remote Quest setelah anda masuk ke dalam room. Setelah selesai, anda bisa melaporkannya ke Adventurer Master Guild Gunther untuk mendapatkan reward.
Reward yang diterima tergantung dari level karakter anda, berikut list reward yang diterima :
40~49 : Ordinary Jewel, Epic Lv.40 Enhance Jewel Pouch, dan Epic Lv.40 Skill Jewel Pouch.
50~59 : Polished Jewel, Epic Lv.50 Enhance Jewel Pouch, dan Epic Lv.50 Skill Jewel Pouch.
60~69 : Flawless Jewel, Epic Lv.60 Enhance Jewel Pouch, dan Epic Lv.60 Skill Jewel Pouch.
70 : Flawless Jewel dan Epic Lv.70 Enhance Jewel Pouch.

Quest ini hanya bisa dilakukan sekali dalam sehari.



Reward :

- Setiap Basilisk kehilangan 1 bar HP, ia akan menjatuhkan sebuah Master's Silver Coin, yang bisa dikumpulkan untuk ditukar di Adventurer's Guild Master Gunther.
- Maksimal Basilisk akan menjatuhkan 3 buah Master's Silver Coin.
- Ketika Basilisk mati atau Dungeon Clear, maka akan muncul sebuah Royal Chest yang berisi sebuah Master's Silver Coin dan Random Drop tergantung level anda.
- Selain Master's Silver Coin / Goddess Teardrop / Goddess Lament, anda juga bisa mendapatkan Basilisk's Treasure Pouch, Basilisk's Heraldry Skill Plates, Basilisk's Egg dari dalam Royal Chest.

Master's Silver Coin dapat ditukar menjadi salah satu dari barang berikut :
Element Enhance Jewel Lv 40/50/60/70
Skill Dragon Jade Pouch Lv.40/50/60
Fierce Hound Pet (7 Hari)

Element Enhance Jewel

Salah satu reward terbaik di event ini adalah, anda bisa menukarkan Silver Coin anda menjadi Element Enhance Jewel.

- Element Enhance Jewel berfungsi untuk mengubah elemen serangan normal dan serangan skill anda dari neutral menjadi berelemen, sesuai dengan elemen jewel yang anda pasang.
- Element Enhance Jewel memiliki empat variasi elemen yaitu Fire, Ice, Light, dan Dark.
- Element Enhacnce Jewel hanya dapat dipasang pada Main Weapon dan terletak di Slot Dragon Jewel berbentuk Eclipse (Tengah).
- Element Enhance Jewel memiliki konsekuensi pengurangan element attack itu sendiri sebanyak -30%, dan dapat menjadi minus, sesuai dengan elemen apa yang anda gunakan.
- Menggunakan Element Enhance Jewel berguna jika anda memiliki anggota party yang memiliki skill element buff sesuai dengan elemen serangan yang anda punya.
- Serangan elemen juga memiliki resiko jika berhadapan dengan lawan yang memiliki resistensi elemen yang besar.




Tips :

- Ketika Basilisk berganti HP, cara terbaik untuk naik ke atas perut adalah, melalui tangan atau kaki paling depan / belakang, atau melalui ekor. Berdiri pada bagian tangan juga sudah cukup untuk menghindari serangan.
- Jalan paling mudah untuk naik ke atas Basilisk yaitu naik melalui ekor.
- Ketika semua anggota party berkumpul di atas perut Basilisk, gunakan kesempatan ini untuk melakukan rebuff.
- Basilisk memiliki defense yang besar. Skill defense debuffer seperti Biochemical Missile EX dan Sunshine Spark, dan amplify damage debuff seperti Luring Slash akan sangat berguna untuk melawan Basilisk.
- Jika anda sadar party anda memiliki damage yang besar dan beresiko terjadi over damage, katakan pada party anda untuk maksimal memberikan damage over 50% atau 25% agar semua party tidak kehilangan kesempatan untuk mendapatkan Silver Coin yang semestinya didapatkan.
- Jika ada kesempatan, usahakan untuk mengambil koin yang terjatuh, agar beberapa player yang mungkin nantinya disconnect tidak terlalu mengalami kerugian.
- Terkadang muncul error dan tidak bisa melakukan ressurect. Jika anda melihat orang lain dalam keadaan ghost mode dan tidak bisa di res, bantu dia mengambil koin miliknya yang terjatuh sebelum dia dikeluarkan dari room secara paksa. Atau jika Basilisk sudah hampir mati, segera bunuh agar orang itu dapat auto-ressurect ketika dungeon clear.
- Anda masuk ke dalam room sendirian dan orang lain tidak ada yang masuk? Jangan khawatir, cukup tekan ESC lalu pilih Kembali ke kota, anda tetap bisa memasuki Saint Haven's Defense tanpa perlu menunggu delay 15 menit.
- Akan lebih bagus jika anda memiliki 2 atau 3 karakter yang bisa ikut serta ke dalam event. Jadi setelah selesai anda bisa melakukan relog dan menggunakan karakter lain sampai karakter pertama anda bisa masuk kembali ke dalam Saint Haven's Defense.



Role Tips :

DPS :

Role DPS cukup fokus menyerang Basilisk terus menerus.
Urusan ressurect berikan kepada Support atau Healer, jika anda tidak berada di sebelah anggota party anda yang mati.
Jika anda mati katakan pada party anda bahwa role anda DPS karena peran anda sangat dibutuhkan disini.

Support Buffer & Debuffer :

Bagi buffer usahakan untuk selalu melakukan rebuff ke semua anggota party.
Debuffer terutama skill yang memberikan damage tambahan atau minus defense usahakan jangan sampai debuff anda berhenti.
Jika anda bisa berlari cepat, usahakan untuk membantu healer meressurect anggota anda yang mati, sehingga DPS bisa fokus menyerang musuh.
Biasakan melakukan rebuff ketika berada di atas perut atau setelah Basilisk men-cast Spinning.

Healer :

Jika anda tidak bisa memberikan damage banyak, atau hanya memiliki satu atau dua skill yang berdamage besar tetapi dengan cooldown yang lama, akan lebih baik jika anda cukup fokus melakukan healing dan support, menyerang hanya jika skill anda yang berdamage besar aktif saja.
Dan yang terpenting selalu mengawasi dan membantu ressurect ke anggota party yang KO, terutama yang memiliki role DPS.



Bug :

Ada dua bug bermasalah yang sering muncul ketika bermain di Saint Haven's Defense

 - Tidak Dapat Melakukan Ressurect


Seringkali kita tidak dapat melakukan ressurect ketika berada di dalam Saint Haven's Defense.

Q : Apa penyebab terkadang kita tidak bisa ressurection didalam?
A : Belum ada penjelasan yang pasti, tetapi bug ini sering muncul ketika server dalam kondisi sangat crowded (Hingga mengantri).

Q : Bagaimana solusinya?
A : Anda harus melakukan restart client atau membuka ulang program Dragon Nest anda untuk menghilangkan bug ini.

Q : Apa tandanya kita bisa melakukan ressurect atau tidak ketika sudah didalam?
A : Saya baru menyadari sebuah perbedaan, silahkan anda bandingan foto diatas, dengan foto berikut, perbedaannya yaitu, ada tidaknya tulisan "Tidak dapat melakukan ressurection" yang berada di bawah UI Ressurection Stone.

Q : Apa yang harus saya lakukan jika saya masih hidup dan terdapat tanda tidak dapat ressurection?
A : Tentu saja berhati-hati, jangan terlalu dekat dengan Basilisk dan selalu waspada dengan Earth Breath.

Q : Apa yang harus saya lakukan jika saya sudah menjadi ghost dan terdapat tanda tidak dapat ressurection?
A: Lihat apakah Basilisk akan segera berganti bar / mati, jika iya maka tunggu sebentar sampai Basilisk menjatuhkan koin, dan minta tolong orang lain mengambilkannya. Tetapi jika anda tahu bahwa masih lama dan kira-kira anda bisa terusir lebih dulu, anda bisa keluar lebih dulu dan memakai karakter lain sambil menunggu cooldown karakter itu.


- Sendirian di dalam Saint Haven's Defense

Tidak jarang banyak player yang terjebak ke dalam ruangan Saint's Haven Defense sendirian dan tidak ada player lain yang masuk.

Q : Apakah jika saya menunggu lama akan ada player yang masuk.
A : Tidak, berada didalam sini hanya akan membuang-buang waktu event anda.

Q : Apa yang harus saya lakukan jika terjadi seperti ini?
A : Esc -> Kembali Ke Kota -> OK.

Q : Kalau saya kembali ke kota bukankah karakter saya akan terkena penalti 15 menit setelah masuk?
A : Tidak, karakter anda tidak akan terkena penalti sebelum masuk ke lapangan Basilisk, yang berarti setelah anda kembali ke kota, anda bisa masuk lagi ke dalam portal tanpa harus menunggu 15 menit.



Semoga guide ini bermanfaat dan bisa membantu anda sekalian, terima kasih.


Page Event : http://www.gemscool.com/berita/read/2015/01/11/11547/news.html

8 comments:

  1. Bang, boleh tau pakai apa aja biar ele att nya gk minus?

    ReplyDelete
  2. Tergantung dari :
    - Aksesoris
    - Dragon Jewel
    - Title
    - Aksesoris Cash
    - Buff Party

    ReplyDelete
  3. Bang Biar dapet winnie pet gmna ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dari buka Miracle G-Box.
      Bisa dari beli di TH kalau ada.
      Bisa dari event itu juga kalau ada.

      Delete
  4. SilverGoldBull is the most reputable precious metals dealer. You will be provided with bargain, live prices and ensure your precious metals arrives to your door discreetly and safely.

    ReplyDelete
  5. anee...kurang ngerti tapi thanks info nyaa..buat nambah ilmu maklum newbie baru lvl 16 kakah..itupun 1 char..yg lain masih di bawah..ohh ya kak bisa dijelasin kata-kata singkatan di dn misal nya tadi TH itu apa?..ane pikir th di coc..ffftt...makasih kak

    ReplyDelete
  6. Ka , Kan Gladiator Ada Awakening Ya , nah kan Awakening Pas Lvl 90 Dapet Skill , Nah Skill Nya Itu Bisa Berkali kali Gitu Bolak Balik Kaya Line Drive , Nah kalo Mau Bisa Bola Balik Itu Haru Make Sepesial Attack Button , Nah Sepesial Attack Button Itu Apa Ka ? , Kalo Itu Hanya Ada Di Mouse Yang Ada Klik Tambahan , Gmn Solusi di Mouse Yang Biasa Ka

    ReplyDelete

~ Please share if you find this article useful ~
Jika anda memiliki pertanyaan silahkan menulis komentar dibawah, saya akan mencoba menjawabnya kurang dari 24 jam.
Atau anda dapat bertanya langsung dengan saya via Discord disini https://bit.ly/KMDiscord jika saya sedang online.
~ Good 🍀 Luck ~