Jun 24, 2016

Tree of Savior


Tree of Savior adalah Game Online MMORPG bertema Lithuanian Mythology dengan tampilan classic yang dikembangkan oleh IMC Games. Project Tree of Savior juga dipimpin oleh pembuat yang sama Ragnarok Online yaitu Kim Hakkyu. Art Developer oleh Maggi An Jeong-won yang dulu juga membuat Character Art di Granado Espada. Beberapa Background Music yang digunakan juga dibuat oleh komposer yang sama dengan Ragnarok Online dan Seal Online yaitu SoundTeMP termasuk ESTi yang juga membuat Background Music di PangYa, selain itu juga ada beberapa komposer lain seperti Chronos, Kevin, Questrosound, S.F.A, Symphonix, dan Cinenote/Sevin.

Story

Tree of Savior menceritakan tentang suatu dunia, suatu hari pada hari perayaan Divine Day terjadi peristiwa Medzio Diena dimana Divine Tree menjadi tumbuh besar dan menyebabkan bencana. Sejak saat itu para Demon mulai bermunculan dan para Goddesses menghilang. Kemudian muncul orang-orang yang mendapat mimpi dari Goddess, orang-orang itu disebut sebagai “Savior” yang terpilih untuk menyelamatkan dunia dari kehancuran.



Class

Basic Classes

Ada empat Basic Class di Tree of Savior yaitu Archer, Cleric, Swordsman, dan Wizard. Dan saat ini anda dapat menaikkan Rank anda hingga Rank 8.

Rank and Class Advancement

MMORPG pada umumnya ketika player sudah mencapai level tertentu maka ia dapat melakukan Class Advancement ke tingkat yang lebih tinggi. Di Tree of Savior setiap anda naik Rank, anda dapat meng-unlock biasanya 2 Class yang bisa dipilih, tetapi selain itu anda juga dapat melakukan Advancement Class yang sudah anda ambil, maksimal tiga kali (Tiga Circle).
Contoh :
Swordsman Circle 1 (Bintang 1), ketika Level Class sudah mencapai 15, anda dapat memilih salah satu Class berikut untuk Rank 2 anda :
- Swordsman Circle 2
- Highlander Circle 1
- Peltasta Circle 1
Keuntungan dari menaikkan Circle Class yang sudah anda miliki adalah :
Anda dapat menaikkan maksimal level skill yang sudah ada (Tidak semua skill memiliki maksimum level kelipatan 5) Misalnya dari Max Level 5 menjadi Max Level 10.
Selain itu anda juga dapat mempelajari Attributes Circle 2 dari Class tersebut (Jika ada).
Dengan sistem ini anda dapat membuat build class yang bermacam-macam.

Hidden Class

Hidden Class adalah Class yang hanya dapat diambil jika sudah memenuhi syarat tertentu. Hidden Class biasanya hanya terdiri dari 1 Circle.
Contoh Hidden Classes yang sudah ada Chaplain (Cleric Path), Shinobi (Swordsman Path), dan Rune Caster (Wizard Path).

Class Icon Meaning

Ada empat macam warna simbol di Class Tree of Savior.
Segi-Enam Belas Merah : Biasanya Class yang memiliki warna background merah merupakan Class yang berpotensi menjadi damager / DPS.
Segi-Enam Biru : Biasanya Class yang memiliki warna biru merupakan kelas yang dapat melindungi orang lain seperti memiliki skill untuk menarik aggro atau disabling skill.
Lingkaran Hijau : Biasanya Class yang memiliki warna hijau adalah Class yang berpotensi menjadi Support, atau dapat memberikan Buff ke anggota party.
Segi-Delapan Coklat : Biasanya Class yang memiliki warna kuning selalu membutuhkan item untuk menggunakan beberapa skillnya. Role mereka tidak menentu dan biasanya memiliki skill yang unik.



Skills & Attributes

Skill di Tree of Savior adalah Skill Aktif yang bisa anda masukkan ke kolom Hotkey.
Setiap Rank maksimal memiliki 15 Class, atau dengan kata lain anda memiliki 15 Skill Point yang bisa anda pakai untuk mengambil Skill-Skill tersebut.

Attributes di Tree of Savior bisa dibilang semacam Skill Pasif.
Attributes dapat berupa kemampuan pasif seperti membuat penggunanya dapat memakai senjata tertentu, dapat mengendarai Companion, melakukan Weapon Swap, dsb.
Tetapi selain itu Attributes juga bisa berupa meng-upgrade kemampuan Skill Aktif seperti menaikkan damage skill, memberikan efek tertentu ketika menggunakan skill tersebut, menambah durasi, dsb.
Batasan attribute tersebut bisa diambil atau tidak tergantung dari Max Level Attribute itu sendiri dan Silver yang anda miliki.
Anda dapat mengambil semua Attribute yang anda sudah anda Unlock jika anda mau.
Untuk mengambil Attribute membutuhkan Silver dan Waktu.



Experience Scaling

Tabel Experience di Game Online MMORPG pada umumnya berbentuk seperti kurva yang selalu naik ke atas. Tetapi berbeda dengan Tree of Savior, di Tree of Savior ketika anda mencapai level tertentu anda akan mengalami Experience Reset, yang berarti Syarat jumlah Base Experience yang anda butuhkan untuk naik akan diturunkan seperti anda kembali ke level kecil sehingga anda tidak akan merasakan kesengsaraan menaikkan level ketika sudah berada di level tinggi separah bermain di MMORPG biasanya.



Companion

Companion di Tree of Savior membutuhkan 1 Slot Karakter, tetapi 1 Companion dapat digunakan oleh semua karakter anda. Hanya 1 Companion dalam waktu yang sama.
Benefit dari Companion adalah jika Companion anda memiliki Stamina, maka beberapa persen dari Status Companion tersebut akan di-share ke player seperti Max HP, Physical Defense, dan Evasion.
Anda dapat menambah Stamina Companion dengan memberi makan, anda juga dapat menaikkan Status Companion dengan membayar sejumlah Silver.
Untuk beberapa Class tertentu, Companion dapat ditunggangi dan ada juga beberapa skill tertentu yang dapat digunakan ketika menggunakan Companion.
Companion juga dapat membantu menyerang ketika bertempur dan dapat naik level.
Anda dapat membeli Companion di kota, atau mendapatkannya dari menukarkan kupon ketika anda berubah menjadi Class tertentu seperti Cataphract atau Schwarzer Reiter.



Special Monsters

Ketika anda melawan monster di Field, ada kemungkinan anda menemukan monster yang berkedip-kedip dengan warna tertentu, setiap monster tersebut akan memberikan sesuatu yang berbeda-beda.
Biru : Monster dengan warna ini akan memberikan banyak Experience Points.
Kuning : Monster dengan warna ini akan memberikan Silver yang banyak jumlahnya.
Putih : Monster dengan warna ini akan memberikan High-Chance Item Drop dan sejumlah Silver tambahan.



Open Field, Instance Dungeons, Missions, Etc

Sistem klasik, dimana anda dapat melakukan hunting dan bertemu orang lain ketika berada di Field. Di Field atau Dungeon tertentu anda juga bisa menemukan World Boss yang juga memberikan Experience, Silver, dan Item Drops.
Instance Dungeon dan Missions adalah Map yang terbuka pada level tertentu yang bisa anda masuki bersama party untuk mendapatkan Experience tambahan dan beberapa item tertentu.
Anda bisa melihat listnya dengan mengetikkan /indun di General Chat.



Jika anda penggemar MMORPG dengan setting klasik dengan sistem Open Field seperti Ragnarok Online, maka game ini cocok untuk anda mainkan.

No comments:

Post a Comment

~ Please share if you find this article useful ~
Jika anda memiliki pertanyaan silahkan menulis komentar dibawah, saya akan mencoba menjawabnya kurang dari 24 jam.
Atau anda dapat bertanya langsung dengan saya via Discord disini https://bit.ly/KMDiscord jika saya sedang online.
~ Good 🍀 Luck ~