Apr 14, 2016

Solusi Ukuran Kursor Mouse Dota 2

Beberapa hari terakhir ini banyak yang bertanya mengenai ukuran kursor mouse yang terlalu besar, hal ini mungkin disebabkan karena Valve mencoba mengatasi ukuran kursor yang terlalu kecil ketika Dota 2 dimainkan di monitor yang berukuran 4K. Disini saya akan memberikan langkah-langkah untuk mengembalikan ukuran kursor anda.

Berikut cara memperbaiki kursor anda :
1.Buka Dota 2.
2.Buka Console (Setting -> Options -> Game - > Enable Console √) tekan tombol \ (Default).
3.Ketik -cursor_scale_percent 100.
4.Coba apakah ukuran kursor anda sudah sesuai dengan keinginan anda.

Jika berhasil dan anda tidak ingin mengetikan command tersebut setiap kali membuka Dota 2 :
1.Buka Steam.
2.Pilih Library.
3.Klik Kanan Dota 2, pilih Properties.
4.Pilih Set Launch Options....
5.Ketik -cursor_scale_percent 100.
6.Tekan OK.



Semoga artikel ini dapat berguna mengatasi masalah kalian semua.

22 comments:

  1. sangat membantu, saya sampe kebingungan cari artekil ini gak ada2, krna saya pake monitor tv 32inc sangat besar digame kursornya -,- .. sukses gan sangat membantu artikelnya. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. console nya g jalan di sistem saya, katanya command error and not found.

      Delete
    2. Coba di Set on Launch.
      Commandnya diawali dengan tanda -
      Tidak pakai . dibelakang

      Delete
    3. klo gua ngga ada kursonya gmna gan

      Delete
    4. uhm, dari dulu sudah tidak ada kursornya?
      atau baru-baru ini?

      Delete
    5. Kalau saya malah kursinya sama kaya di window kalau gitu gimana?

      Delete
  2. Masalahnya sama, gk bsa di Lenovo gw. Katanya Unknow command

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah coba ketik manual commandnya, tanpa di copy paste?

      Delete
    2. ga work.... unknown,,, hadeh....ada solusi lain gan? ini kursornya gede amat...

      Delete
    3. coba ganti resolusi / ratio / fullscreenwindowed
      kalau memang tidak bisa mungkin anda harus mengedit secara manual ukuran kursor anda dengan membongkar file2 didalamnya.

      Delete
  3. Asli, tengkyu banget. kursornya ngalangin banget kampret ... Tengkyu bro ...

    ReplyDelete
  4. gabisa, tulisannya
    Unknown command or convar '-cursor_scale_percent'!

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba screenshot, paste ke http://prntscr.com/
      lalu taruh linknya disini.

      Delete
    2. tau solusinya ga gan?
      hubungin secepetnya yah. rese banget ke gedean kusor nya

      Delete
    3. eh bisa gan. musti langsung dari set launch nya. thx ya gan

      Delete
  5. gw juga klo di dotanya gak bisa coba langsung aja pengaturannya yg di steamnya

    ReplyDelete
  6. maksih gan solisi OK!
    layar wa ga kepenuhan kursor lg

    ReplyDelete
  7. kalau koursor nya gk munucl solusinya gimana gan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba buka Mouse Properties -> Pointers
      Enable pointer shadow jangan dicentang.

      Atau coba buka Steam -> Library -> Dota 2 Properties -> Local Files -> Verify Intergrity of Game Cache.

      Atau copy / download ulang File Dota 2.

      Delete

~ Please share if you find this article useful ~
Jika anda memiliki pertanyaan silahkan menulis komentar dibawah, saya akan mencoba menjawabnya kurang dari 24 jam.
Atau anda dapat bertanya langsung dengan saya via Discord disini https://bit.ly/KMDiscord jika saya sedang online.
~ Good 🍀 Luck ~