May 11, 2015

Dragon Nest (Solusi Critical Error)


Mungkin kebanyakan dari anda selalu mengalami masalah Critical Error di Dragon Nest, terutama terjadi ketika berpindah map.
Disini, saya akan menshare pengalaman saya apa yang sudah saya lakukan untuk mengatasi masalah tersebut, sampai solusinya.



Penyebab

Menurut notice, penyebab seringnya muncul Critical Error dikarenakan, RAM atau VRAM (Virtual RAM) anda habis.
Dragon Nest memang salah satu game yang membutuhkan pemakaian RAM yang besar.
Anda bisa memonitor pemakaian RAM anda melalui Task Manager, atau program seperti RAM Rush.

Jumlah RAM tergantung RAM yang anda pasang pada PC anda.
Sedangkan Virtual RAM, menggunakan Free Space yang terdapat pada partisi utama anda.
Contoh : Anda membagi partisi menjadi 3, yaitu C:/, D:/, E:/
Anda menginstall sistem operasi anda di C:/
Kapasitas maksimal memori anda di C:/ adalah 100GB, 30GB terpakai untuk sistem operasi.
Maka, sisa jika sisa memori yang masih free di C:/ adalah 70GB, maka 70GB itu tersedia dipakai untuk Virtual RAM.
Inilah kenapa sebaiknya anda tidak menyimpan data di C:/, karena jika C:/ anda penuh, maka otomatis kinerja komputer anda akan menjadi lambat dan sering terjadi lag.
Anda sering melihat sisa memori anda di C:/ tersisa 0GB? Itu karena anda membuka program yang membutuhkan Virtual RAM, ketika anda menutup program tersebut, maka sisa memori anda akan bertambah kembali.



Berbagai Solusi Yang Sudah Dicoba

Saya sudah mencoba berbagai macam solusi, diantaranya yaitu :

Menambah jumlah Virtual RAM yang dapat dipakai

Saya sudah pernah mencoba cara ini, jadi saya membuat sisa Free Space di partisi D:/ dan E:/ agar dapat digunakan sebagai Virtual RAM tambahan.
Tetapi saya masih sering mengalami Critical Error.

Menggunakan RAM Rush Optimizer

Program ini berfungsi untuk melihat seberapa berat komputer anda bekerja, dan berapa sisa Virtual RAM anda setiap detiknya.
Program ini juga dapat melakukan cleaning agar Virtual RAM anda kembali bertambah, tetapi cara ini juga tidak terlalu efektif.
Dulu setiap menyelesaikan 1 dungeon, selalu saya tekan tombol optimize.
Biasanya saya hanya dapat masuk dungeon 1x kemudian Critical Error, dengan ini saya bisa tetap masuk sebanyak 2 atau 3 kali, tetapi tetap tidak efektif ketika didalam Dragon Nest.



Solusi

Penyebab utama dari masalah ini adalah, anda menggunakan sistem operasi 32 bit, 32 bit tidak dapat membaca RAM anda secara maksimal (Misal anda memiliki RAM 4GB, maka yang terbaca hanya 3.25GB).
Anda harus melakukan install ulang sistem operasi anda menjadi 64 bit, dan tentu saja jumlah RAM yang anda miliki harus setidaknya sama atau melebihi sistem requrement Dragon Nest yaitu :

CPU:Pentium 4 or Dual Core CPU (or equiv)
CPU Speed:Info
RAM:1 GB
OS:Windows XP or higher
Video Card:Nvidia 7600 or AMD equivalent
Sound Card:Yes
Free Disk Space:4 GB
Anda bisa mengecek sistem operasi anda dengan cara membuka "Run", lalu ketik "dxdiag" dan tekan OK.
Setelah itu akan muncul tampilan seperti berikut
pada bagian "Operating System", anda bisa melihat apakah OS yang anda pakai 32 bit atau 64 bit.

Sebagian besar Critical Error ini disebabkan karena itu, maka lakukanlah install ulang menggunakan OS 64 bit, hingga hari ini saya tidak pernah mengalami Critical Error lagi sekalipun.



Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua.

84 comments:

  1. iya gan, saya setuju dngn Ulasan mu, semenjak saya makai Win 7 64 bit, saya ga pernah Crit error, tp klw pake win7 64 bit, saya selalu DC saat di daily Chaos Lv 70 di anu tepatnya di death, makanya sya ubah lg jadi 32bit, eh malahCrit error mulu, mau HOB 1/2x bsa lalu yg ketiganya crit error

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dulu tiap HoB harus relog tiap selse 1 run.
      ganti jadi 64 bit worth it.

      Delete
  2. Gan klo 64bit ram 2GB gimana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya tidak menjadi masalah, Critical Errornya seharusnya hilang.
      Kalau RAM rendah dari pengalaman saya bermain DN.
      Paling berpengaruh kepada loading ketika berpindah kota, sering orang mengatakan PC Kardus dsb karena loading lama.
      Penyebab dari loading lama tersebut selain dari koneksi internet, yaitu dipengaruhi oleh RAM.
      Dulu ketika DN SEA open beta saya sempat bermain menggunakan RAM 1GB, dan hasilnya loading berpindah map membutuhkan waktu hingga 30 menit dan rawan terputus.
      Mungkin 2GB tidak terlalu masalah, asalkan anda memiliki VRAM yang cukup.

      Delete
    2. Gan Emang Buat Main Dragon Nest Minimal Itu VRAMnya Brp ya

      Delete
    3. VRAM tidak ada batas minimal, kalau bisa lebih dari separuh partisi utama anda kosong.

      Delete
  3. jdi klo ram 2GB ganti dengan os x64 ngaruh y ?.. sya Critical error semenjak ganti VGA.. padahal VGA yg sekarang lebih gede dri yg kmrin.. tpi blm d coba sma os x64 sih.. moga aja worth tips nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. VGA ngaruh ama kualitas gambar, tapi VGA kurang juga bisa bikin patah-patah grafik.
      RAM kalau kurang akibatnya loading map jadi lama, kalau ngeload banyak user / object kaya monster atau npc juga bikin patah-patah / ngelag.
      Saya RAM 4GB dulu waktu pake OS 32 bit, kalau daily di Anu Arendel pasti belum selesai udah Critical Error abis 1/2 map, biasanya abis SOSD atau DHMD, Hero Battlefield juga sekali masuk, abis itu kalo masuk lagi pasti Critical Error.
      Abis saya reinstall pake 64 bit, ga pernah sekalipun Critical Error lagi.

      Delete
  4. gan cara instal na gmn supaya jadi 64 bit pnya sya masih 32 bit critical eror trus klo main pvp.
    mohon bantuan cara nya. newbie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus install ulang OSnya bang, alias kaya install PC baru, jadi semua program yang udah keinstall juga ilang.
      Jangan lupa data-datanya dibackup terlebih dahulu terutama yang di partisi utama, biasanya di folder Download, Pictures, Musics, My Documents, ama program di C:/Program Files mungkin juga mau di backup.
      Kalau di partisi lain mau dibackup jg gpp, tapi butuh HDD buat backup data sementara.
      Saran saya kalau mau dipartisi ulang dibagi jadi 3 part, C:/ disisakan 100GB khusus buat Windows dan jangan nyimpen data download dll disitu buat virtual ram, D:/ buat semua installan program / game, E:/ buat file2 documents, gambar2, musik, video.
      Setelah itu anda juga butuh installer OSnya, reccomendednya pakai Windows 7 / 8.1.

      Delete
  5. gan kalo punya saya ada tulisan pas habis mincet start gini "Ram minimal 1gb" lah padahal ram saya 2gb gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu karena VRAM anda habis, anda bisa cek memory terpakai komputer anda melalui Task Manager (ALT+CTRL+DEL).
      Itu disebabkan karena ada program yang berjalan selain Dragon Nest, kemungkinan anda sedang membuka browser atau program lain sehingga Virtual RAM anda turun tidak sampai 1GB, VRAM anda akan kembali jika anda sudah menutup beberapa program berjalan tersebut.

      Menggunakan Windows 32 Bit juga tidak membuat RAM anda bekerja maksimal.
      Anda harus menginstall Windows 64 Bit agar terbaca dengan benar.

      Delete
  6. gan ini kan saya baru download dragonest indo dari gemscool tapi pas ane buka ko malah muncul tulisan "gagal konek ke login server"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba screenshot layarnya dengan cara tekan tombol "printscreen" pada keyboard.
      Lalu buka website ini http://prntscr.com/.
      Tekan Ctrl+V.
      Setelah selesai upload, paste link tersebut kemari.

      Delete
    2. https://www.dropbox.com/home?preview=DN+2015-09-18+11-27-09+Fri.jpg

      Delete
    3. ini gan linknya http://prntscr.com/8i0war

      Delete
    4. ane dah nyari" solusiny di paman google tpi ga nemu 1 pun

      Delete
    5. ga bisa dibuka, saya sudah login drop box, silahkan paste di http://prntscr.com/ saja lebih praktis.

      Delete
    6. Ada 3 kemungkinan :
      1.Internet anda belum tersambung, silahkan cek dengan cara membuka Run, ketik "ping 8.8.8.8 -t" tanpa tanda "".
      2.Anda membuka Dragon Nest ketika server sedang maintenance.
      3.Mungkin anda login dari luar negeri.

      Jika tidak, anda dapat mengirimkan permasalahan anda kesini https://www.gemscool.com/bbs tetapi silahkan login ID Gemscool terlebih dahulu.

      Delete
    7. ko bisa gtu ya padahal downloadnya dari web gemscool..


      ah udah gede" download pas d buka kaya mlah kaya gitu,,, hmmmmm

      Delete
    8. Saya kurang yakin kalau corrupt, tapi sebaiknya anda tanyakan dulu saja ke pihak Gemscool.

      Delete
  7. mas klu masalah seperti ini bagai man ya ??

    http://prntscr.com/8nc56w

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut saya antara grafik anda yang memang kurang mencukupi spesifikasi, atau terjadi corrupt pada client anda.
      Saran saya, coba untuk mendownload ulang Client Dragon Nest dan melakukan installasi ulang.
      Jangan lupa untuk menguninstall client Dragon Nest yang lama terlebih dahulu sebelum menginstall yang baru.

      Delete
  8. gan saya mau main game Dragon Nest Online tapi, speksifikasi pc saya :
    Prosesor : Core 2 Duo E4600 2.4 Ghz (2CPUs) / ( 3.2 bit ) Intel Win XP
    RAM : 2GB DDR2 Vsipro
    VGA : NVIDIA GeForce 7300 LE ( 512 mb)
    DirertX : 9.0c

    Kalau Main Game Dragon Nest Normal tidak speksifikasi seperti itu gan ? ? ? Tolong Sarannya sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin, tapi tidak bisa menggunakan grafik maksimal.
      RAM 2GB dengan catatan OS anda Windows XP 64 Bit.
      Tetapi saya tidak menjamin ketika berada di map yang terdapat banyak orang atau ketika Raid Nest.

      Diusahakan coba menggunakan Fullscreen, Memori di C:/ tersisa banyak, dan jangan membuka banyak aplikasi lain.

      Delete
  9. kalo maslah gini gimana gan,, setiap masuk Quen's garden selalu begini. padahal ada main Quest di situ.

    http://prntscr.com/99o5jl

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya coba masuk dulu, kalau memang bermasalah akan coba saya laporkan.

      Delete
    2. Saya sudah mencoba masuk dan hasilnya tidak ada masalah
      http://prntscr.com/99qw6z

      Kemungkinan Client anda mengalami Corrupt, solusi yang bisa saya berikan :
      Coba untuk mendownload ulang atau mengcopy Client dari tempat lain.

      Atau coba selesaikan quest tersebut di komputer lain.

      Delete
    3. oke,, thanks gan,, kayaknya coba di download ulang deh..

      makasih banyak gan..

      Delete
  10. gan gimana aku ke anu arendel dc mulu juga party gak bisa malah dc apa ada solusinya gan? ram saya 1gb w7 32bit paling kacau dan lagger?
    jawab ya gan :( T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Re-install OS menggunakan Windows 64 bit,
      Upgrade RAM minimal 2GB, recommendednya 4GB-8GB.

      Saya dulu pakai Windows 32 bit & RAM 4GB,
      Memang kalau kelamaan di kota / pindah ke Anu Arendel / Run beberapa kali di dungeon / Hero's Battlefield lebih dari 2x pasti Critical Error.
      Setelah re-install menjadi 64 Bit sudah tidak pernah muncul lagi.

      Delete
  11. Gan kalo punya ane lancar cuman masalahnya pas mencapai lvl 25 ada quest kunjungi saint haven tapi setiap kali pengen pindah kota koneksinya putus atau keluar padahal ke kota lain bisa.
    tolong di jawab ya gan :( T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin koneksinya kurang kuat?
      atau ada file yang corrupt di bagian cutscene Main Quest itu.

      solusi :
      coba install ulang DN, atau coba jalanin questnya di komputer lain.

      atau laporkan di https://www.gemscool.com/bbs

      Delete
    2. thank's gan ane udah coba install ulang DN
      & koneksinya juga udeh stabil. and it's work

      Delete
  12. gan kok kalo saya tiap kali maen dn pas sampe di tengah2 dungeon layar monitor sering putus conek ama cpunya yaa padahal udah ane colokin pasang lagi tetep g bisa, di restart buka lg tetep gitu lg buat main ls lancar2 aja, ada solusi gak??? ni spek aq http://prntscr.com/9p4x0v

    ReplyDelete
    Replies
    1. layar monitornya aja? bisa direkamin ngga seperti apa errornya?
      kalau layar mungkin masalahnya pada antara kabel monitor atau VGA anda.
      Mungkin kabelnya kurang kencang atau rusak. Kalau VGA mungkin kepanasan atau rusak.
      dulu kaya gini ngga atau memang dari awal main dragon nest selalu seperti itu?
      coba print screen bagian displaynya.

      Delete
  13. bang saya mau tanya. kenapa ya pas main DN klo mau masuk dungeon itu selalu dc padahal jaringan bagus. mohon solusinya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tau darimana kalo internetnya bagus? Kalo om pake internet usb emang jarang yg bagus, bagusnya pake internet wireless kaya Indih*me, F*rstmedia, dll.

      Delete
  14. malahan pas DC jaringan sy jadi Ngga Konek lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba buka aplikasi Run atau Command Prompt di Windows
      ketik :
      ping 8.8.8.8 -t
      jika ada tulisan Request time out berarti koneksi anda terputus tidak hanya Dragon Nest.
      coba screenshotkan dengan menekan tombol printscreen di keyboard lalu buka website http://prntscr.com/ tekan ctrl+v.
      lalu paste linknya kesini.

      Delete
  15. gan kok saya sering terputus dari server trus yah,pas selesai loading masuk kota terputus,, padahal koneksi lancar spek bagus,solusinya gan....???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, saya juga sering mengalami itu, saya curiga ini ada kaitannya dengan gantinya Hackshield yang baru.
      Untuk solusi sementara jangan browsing / membuka program lain sewaktu mencoba masuk ke kota.
      Saya juga baru ingin melaporkan ke GM, uda ada 20x lebih kayaknya.

      Delete
    2. sama ane juga sering begitu smpe sekrang baru login selesai loading masuk kota langsung terputus dari server T_T

      Delete
    3. coba copy ulang data DNnya atau install ulang.

      Delete
  16. gan saya mau tanya ni apakah apl di d ama di e memengaruhi ram di appl dn soalnya di d ama e saya banyak film2 berat jadinya free space nya cuma ada yang 30 gb dan 86 gb apakah itu memepengaruhi apa nggak?? giaman solusinya thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya Virtual RAM diambil dari Disk utama, tempat dimana data Operating System (Windows) anda berada (Biasanya di C:/)

      Untuk penyimpanan data yang saya rekomendasikan yaitu :
      C:/ (Untuk Operating System, sisa Free Space jangan diisi untuk Virtual Memory).
      D:/ (Untuk Program dan Aplikasi baik Game maupun Program lainnya)
      E:/ (Untuk File-file koleksi seperti Gambar, Musik, Video, dsb)

      Kalau bisa ya C:/ misal 100GB, diisi untuk Windows, jangan simpan data kesana, sisa free space biarkan kosong.
      Sehingga jika misalnya terjadi error pada komputer anda dan membutuhkan install ulang, cukup format di C:/ saja, dan data anda di D:/ dan E:/ dapat diselamatkan tanpa perlu diformat ulang.

      Delete
  17. Gan Klo Laptop ane Bisa gak main DRAGONEST
    Processor 2957u (1.4 GHz,2MB L3cache)
    Intel HD Graphics
    Ram: 2GB 32 Bit
    500 GB HDD
    Mau nyoba main dragonet tapi takut laptop ane rusak gan tolong solusiny bisa gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya berat berat dari VGA onboard ya? RAM (Kalau bisa 4GB+), OS kalau bisa 64 bit.
      Sebaiknya pakai pc / laptop lain. kalaupun bisa pasti berat loadingnya dan grafiknya parah.

      Delete
    2. ouh oke, terimah kasih atas solusinya sob.

      Delete
  18. gan kok saya sering terputus dari server trus ya,pas selesai loading masuk kota terputus, padahal koneksi lancar spek bagus,solusinya gan? sy baru main soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba install ulang / download ulang clientnya.
      Dulu saya juga pernah gitu, abis ngopy ulang udah ga pernah kumat lg.

      Delete
    2. maaf, kan sy itu dpt copy dr warnet, kl sy copy ulang bisa lg gan?

      Delete
  19. ka mau tanya nih, kenapa saya kalo mau masuk colosseum langsung dc ya? ga ada notice apa2 tiba2 tuh DNnya ke close sendiri jadi balik ke desktop

    ReplyDelete
    Replies
    1. crash ya, mungkin file kamu ada yang corrupt.
      coba install ulang DN / ngopy ulang dari DN yang ga crash.

      Delete
  20. gan saya lagi main dn ina nhe,,,loading dikota bagus,,jaringan ok.no kendala spek ok,,gara2 y waktu saya download client 202 bulan kemarin..sering terjadi black screen pas masuk dungeon/nest???sering banget terjadi..tapi pas saya restar ulng laptop,bagus lagi,,tapi gax lma ngulang lagi black screen y?????tolong gan gmna solusi y..biar topcer

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba install ulang atau copy file dragon nest dari tempat lain ke laptop agan.
      apakah masih sama atau tidak, kalau masih sama mungkin kendalanya ada di program atau laptop agan kalo memang ya, selanjutnya coba kontak ke bbs www.gemscool.com/bbs

      Delete
  21. gan saya lagi main dn ina nhe,,,loading dikota bagus,,jaringan ok.no kendala spek ok,,gara2 y waktu saya download client 202 bulan kemarin..sering terjadi black screen pas masuk dungeon/nest???sering banget terjadi..tapi pas saya restar ulng laptop,bagus lagi,,tapi gax lma ngulang lagi black screen y?????tolong gan gmna solusi y..biar topcer

    ReplyDelete
  22. Mas mau nanya, kalau win 8 prossesor i5 ram 4gb 2,2ghz pakai intel graphics jaringan bagus seharusnya pas main dn lag atau gak? Ini saya lag mulu pas banyak orang bingung kenapa salahnya dimana :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. 32bit? 64bit?
      Data C:/ atau tempat nyimpen OS (Windows) penuh?
      Driver Display udah diupdate?
      Program yang berjalan di belakang layar banyak?

      Delete
  23. 64 bit mas. Sepertinya program di belakang layar banyak yang running mas. Jd harus di stoppin dulu ye berarti ye? Driver display juga belum update. Kalau di downgrade ke win 7 bakalan gak lag lagikah mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya ga ngaruh banyak OSnya
      Startup programnya apa aja? yang ga terpakai memang sebaiknya dimatikan
      lag sendiri macem2 sih, ada lag grafis ada lag koneksi
      walaupun ping kecil tapi kalo ga stabil atau spike juga bisa bikin lag

      Delete
  24. mas mau tanya nih,..
    karena liat artikel sama komenan diatas apakah pengaruh VRAM ya??

    soalnya setiap ane pindah dari kota ke kota / masuk dungeon,..
    loading DN ane selalu terakhir, dan akhirnya kena bacotan khas "PC KARDUS, MAIN DIHUTAN YA..LOLA AMAT dll," haha

    padahal kalau sudah di dalam kota/DG,. tak ada lag, patah2 atau semacamnya,..

    ane main DN di drive D: bukan di C:
    trus cara ningkati VRAM itu gimana ya?
    apakah ningkatin RAM itu sama dengan meningkatkan VRAM juga?

    maaf banyak tanya haha

    ini spec laptop ane :
    i3 2,7ghz, vga 2gb, ram 2gb, 64 bit

    NB : (waktu maek 32bit loading pindahkota/masukDG itu cepet,
    tapi ya gitu CRITICAL ERORNYA cepet pula muncul,.
    setelah ane instal 64bit loading pindahkota/masuk DG kok jadi lama amat)





    ReplyDelete
    Replies
    1. loading game pengaruh di VRAM dan RAM
      saya dulu juga sama waktu masih pake ram 2gb vram abis, keluar kota aja loading 30 menit, apalagi waktu itu 32 bit OSnya.

      saya juga main DN di drive D:/
      VRAM default pengaruh di drive mana kamu simpan system, biasanya sih di C:/
      jadi sisa free space di C:/ itu digunakan untuk VRAM kamu, jadi makin banyak free space makin banyak VRAM.

      saranku sih upgrade ram jadi seenggaknya 4gb, 8gb lebih baik.
      jangan salah beli sesuain ama mobonya juga kalo ddr2 ya ddr2, ddr3 ddr3, dual channel lebih bagus.

      Delete
    2. ia,... mungkin udah saat nya upgrade RAM,.

      soalnya dulu waktu main di cap 70an lancar-lancar aja
      tapi semenjak naiknya cap sampe 90 disertai penambahan fitur-fitur,..
      komputer ane sering lola haha

      makasih untuk jawabannya,..

      Delete
  25. Gan Kalo di Windows 10 Cara Mengatasinya Gimana Ram Saya : 3GB TOLONG DIBANTU!!!

    ReplyDelete
  26. min gimana cara ngubah 32 bit ke 64 bit. critical eror mulu nih...
    terus banyak komen di atas ada yang program berjalan, cara cek nya gimana, ngubah nya gimana, terus gimana cara ngubah nya itu biar gak critical eror mulu ,ane simpen di D:/ kok, di C:/ ada 152 GB lagi,jadi gini min ane copy paste di warnet , tapi ane gak tau apa itu file corrupt, dan ane gak tau banyak lah tentang komputer, tolong dong min pencerahanya, gimana cara lengkap nya biar ane ngerti cara memperbaiki sendiri, dan sebelum nya makasih :) ---salam newbie---

    ReplyDelete
    Replies
    1. ceknya buka my computer, klik kanan properties.
      kalau mau ganti ya harus install ulang, semua data di C:/ dibackup dulu biar tidak hilang..
      anda bisa kontak saya di discord jika mau.

      Delete
  27. Gan mau tanya
    Waktu saya udah milih karakter dan udah milih channel mau masuk town/colosseum, loading lama dan setelah itu keluar log massage 'terputus' dari server
    Udah saya coba install ulang DN nya tapi masih sama..
    Itu gimana ya gan?
    Mohon banget pencerahannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin RAM kamu kurang, jaman dulu saya juga gitu, dengan RAM 1GB, coba upgrade RAM komputer anda.

      Delete
  28. bang gimna cara nginstall nya bingung deh gw

    ReplyDelete
  29. selepas itu klik apa bang , Next page , Save All Information , atau Exit

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu dxdiag cuma buat melihat spec komputer kamu, bukan untuk diinstall.
      coba cari aplikasi rma rush optimizer.

      Delete
  30. gan spec udh benar tapi masih error gimana?

    ReplyDelete
  31. gan saya mau nanya kenapa setiap saya maen kok keluar sendiri dalam 15 menitan

    ReplyDelete
  32. Gan ane ko maen dragon nest sea pas masuk dugeon keluar sendiri y,masuk sekali maen dugeon pindah stage keluar sendiri itu knpa y gan spec pc : intel Quad-core q 6600,ram 3gb vga GT 730 2gb

    ReplyDelete

~ Please share if you find this article useful ~
Jika anda memiliki pertanyaan silahkan menulis komentar dibawah, saya akan mencoba menjawabnya kurang dari 24 jam.
Atau anda dapat bertanya langsung dengan saya via Discord disini https://bit.ly/KMDiscord jika saya sedang online.
~ Good 🍀 Luck ~